Rabu, 08 Desember 2010

chapter 11 Pemrosesan File dan Konsep Manajemen Data

1.Terminologi yang ada di dalam database,yaitu:
-Field: blok data terkecil yang akan disimpan dan dipanggil dalam sebuah sistem informasi
-Unsur data: sinonim untuk field
-Atribut: sinonim untuk file
-Elemen: sinonim untuk field
2.Evolusi Teknologi database
-Teknologi database telah dikembangkan sejalan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer. tiga tren yang terjadi dalam revolusi database: perkembangan besar dalam penyimpanan massal, ketersediaan komunikasi yang lebih baik, dan perkembangan dalam teknologi pengubahan data ke dalam format terbaca-mesin. Ketiga tren ini secara bersama-sama memberikan kontribusi bagi proliferasi data dan kebutuhan yang berkaitan dengan pembuatan database intelijen melalui kombinasi dengan teknologi, yang mencakup hyperteks, database berorientasi-obyek, expert system, dan system management database.

3.Tiga Tingkatan Arsitektur yang ada di dalam database:
-Arsitektur tingkat konseptual mencakup pendefinisian terminologi-terminologi umum dalam database dan kebutuhan penggunaan data
-Arsitektur tingkat logis mencakup pendefinisian struktur data logis, yang dapat dilakukan dengan model hirarkis, jaringan, atau relasional
-Arsitektur tingkat fisik mencakup pendefinisian metode-metode akses file, baik yang sekuensial, terindeks atau langsung.

4.Teknik-teknik organisasi file
-SEKUENSIAL, saat terbaik = Rasio aktivitas tinggi, seperti dalam pemrosesan bacth
keterbatasan = Tidak memungkinkan untuk mengakses catatan tunggal secara cepat
-TERINDEKS, saat terbaik = Rasio aktivitas rendah,ukuran file dari moderat sampai
tinggi, keterbatasan = Pemutakhiran file membutuhkan pemutakhiran indeks-indeks
-SEKUENSIAL TERINDEKS, saat terbaik = File harus diproses dengan pola pemrosesan
bacth(rasio aktivitas tinggi)dan nonbacth (rasio aktivitas rendah)
keterbatasan = Sama dengan sekuensial dan terindeks
-LANGSUNG, saat terbaik = Rasio aktivitas rendah,file berukuran besar,
struktur jaringan, dan struktur pohon
keterbatasan = Memerlukan kunci-kunci untuk menempatkan catatan-catatan

5. Manfaat database :
Penggunaan teknologi database didunia bisnis bermanfaat menghemat waktu dan biaya karena dengan database yang terkomputerisasi kita bisa banyak menyimpan informasi seperti mencetak, memuat, menampilkan data yang akurat, memudahkan pengaksesan data, mengisolasi data untuk di standarisasikan, mengurangi redundasi data dan inkonsistensi.

6.Pertimbangan dalam perencanaan file dan database ada 3 yaitu :
- Definisi Sistem
Menjelaskan ruang lingkup aplikasi database dan user utama saat ini juga yang akan datang, dengan cara meng investigasi dan melihat hubungan antar bagian dalam organisasi.
- User view
Mendefinisikan kebutuhan aplikasi database dari beberapa job role (pekerjaan) seperti manajer/supervisor) atau area aplikasi enteprise (Marketing, personal, stock control)
Aplikasi data base mungkin memiliki satu atau lebih user view. Mengidentifikasi user view menajdi aspek yang penting dari pengembangan aplikasi database karena membantu untuk menjamin tidak ada user yang akan terlibat yang terlupakan.
- pengumpulan data & analisis
Proses pengumpulan dan analisis informasi mengenai bagian dari organisasi yang didukung aplikasi database. Dan dengan hasil informasi ini digunakan untuk mengidentifikasikan kebutuhan dari user dalam sistem database yang akan dibangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar